Kurang Tidur Bikin Suka Ngemil? Ini Penjelasannya!

Tidur yang cukup akan membuat badan kita segar saat terbangun. Badan yang segar dan bugar akan membuat segala aktivitas kita menjadi lebih baik. Kurangnya tidur dimalam hari akan mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan kurang bergairah. Apalagi jika kita sedang melakukan program diet maka kita harus memiliki waktu tidur yang cukup. Kurang tidur juga akan mengakibatkan kita untuk cenderung makan makanan ringan atau ngemil. Cemilan ini biasanya memiliki kalori yang tinggi sehingga akan membuat badan kita menjadi gemuk.

Hal tersebut tentu akan menjadikan diet kita tidak maksimal. Makan makanan kecil  yang berupa snack cenderung memiliki rasa manis dan gurih atau asin. Rasa manis tentu saja terkandung banyak gula dimana gula memiliki peran dalam menambah jumlah kalori untuk tubuh. Begitu juga rasa asin juga akan berpengaruh pada penambahan jumlah kalori dalam sehari yang biasanya kita telah tercukupi tanpa harus “ngemil”.
Kurang Tidur Bikin Suka Ngemil? Ini Penjelasannya!
Kasus kurang tidur yang bikin gemuk badan ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan para peneliti dari Universitas di Chicago Amerika yang menjelaskan bahwa kurang tidur akan cenderung memilih makan makanan ringan dengan kandungan lemak tinggi, seperti biscuit, keripik atau makanan kecil lainnya. Kurang tidur yang dialami oleh seseorang dapat meningkatkan sistem endocannabinoid yaitu senyawa kimia yang mirip seperti bahan aktif pada ganja dimana senyawa tersebut akan membuat rasa ingin makan yang kuat.

Keinginan untuk ngemil saat malam hari terkadang tidak kita sadari dan kita menganggap sepele, padahal rata – rata kebutuhan akan kalori bagi tubuh kita 90 % sudah terpenuhi, hal ini jika berlangsung secara terus menerus akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Selanjutnya dalam penelitian itu menunjukkan bahwa akibat seseorang yang kurang tidur maka akan menyebabkan keinginan kuat dalam mengkonsumsi makanan terutama saat sore hari. Meskipun kita telah makan dalam porsi cukup, keinginan tersebut masih saja muncul.

Jika kita tidak bertindak lebih jauh, maka kebiasaan negmil ini akan sulit untuk dikontrol. Kebiasaan “ngemil” menjadi masalah besar dalam hal kenaikan berat badan karena saat ngemil kita cenderung tidak mempedulikan kandungan lemak pada makanan kecil itu sehingga total lemak yang kita konsumsi akan meningkat ebanyak dua kali lipat. Jadi obesitas dapat dikaitkan dengan kurangnya istirahat terutama kurangnya tidur di malam hari dimana kurangnya kita untuk tidur menyebabkan kita lebih cenderung untuk ngemil.

Kurang Tidur Bikin Suka Ngemil? Ini Penjelasannya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: RudGagola

Posting Komentar